Perkembangan Industri Elektronik di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan manusia akan barang elektronik kian melambung tinggi tiap tahunnya. Seperti di Indonesia, anak-anak sampai orang tua pun tak luput menggunakan barang elektronik setiap harinya bahkan tiap menit. Mulai dari penggunaan barang rumah tangga, mainan anak, sampai perusahaan pasti menggunakan barang elektronik.
Dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari akan barang elektronik, perkembangan industri elektronik di dunia menjadi berkembang pesat. Termasuk Indonesia yang merupakan negara berkembang saat ini. Walaupun banyak negara maju lainnya yang sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan Indonesia.
Perkembangan industri di Indonesia pun tak lepas dari perkembangan ekonomi global. Dengan banyaknya produk impor yang terus meningkat, sedangkan kontribusi ekspor elektronik dalam negeri yang terus menurun dan serbuan elektronik dari dalam negeri yang kurang, membuat struktur industri elektronik di Indonesia melemah.
Dibalik melemahnya industri elektronik di Indonesia, ternyata tak menyurutkan perusahaan-perusahaan industri elektronik dalam negeri untuk terus mengenalkan produknya didalam maupun luar negeri ini. 

Contohya:

  1. V8-Sound


V8-Sound memiliki cabang di Jerman tepatnya di Lokomotiv Str.750733 Cologne. Produk ini sering di Gunakan dalam acara kenegaraan, termasuk Konferensi Asia-Afrika 2015.

  1. Magno Radio Kayu

Magno Radio Kayu atau Magno Wooden Radio merupakan produk hasil karya Bpk Singgih S Kartono dari Indonesia tepatnya di Temanggung Jateng, desa Kandangan. Produk asli Indonesia Radio Magno ini sudah mendunia dan sudah banyak direview dari luar negeri. Pemasaran radio magno ini sudah memiliki 3 distributor utama yaitu di Jepang, Eropa, dan Amerika, dan desain produk ini sudah di patenkan.

  1. Maspion

Maspion merupakan perusahaan lokal yang terkenal dengan produk elektronik keperluan rumah tangga. Perusahaan yang berpusat di Surabaya ini telah menghasilkan produk-produk elektronik sejak tahun 1960-an.

  1. Polytron

Produk asli Indonesia yang sebagian besar terdiri atas barang elektronik untuk keperluan rumah tangga sehari-hari ini berdiri sejak tahun 1970-an. Pabriknya ada di Semarang dan Kudus.
Dan masih banyak produk lainnya yang merupakan hasil industri elektronik Indonesia. Dengan menggunakan produk asli Indonesia kita juga telah mendukung industri Elektronik di Indonesia agar semakin maju dan terus berinovasi untuk pembaruan yang lebih baik.


source:

Komentar

Postingan Populer