Festival dan Acara-Acara Khusus Selama Setahun


 Januari
  • Pongal (Januari)

Tempat: Sri Srinivasa Perumal Temple dan Campbell Lane
Umat Hindu di Singapura merayakan festival panen 4 hari dari India Selatan ini untuk menyambut bulan peruntungan Thailand. Mereka memasak pongol (nasi ketan manis yang direbus sebagai penanda kemakmuran) dan memberikan persembahan kepada para dewa. Mereka juga menghiasi sapi dengan manik-manik dan lonceng, bunga dan ikatan jagung serta memberi makan nasi warna warni untuk burung. Saksikan langsung ritual ini, dimulai dari Sri Srinivasa Perumal Temple di Little India. Temukan beragam kerajinan tangan dan nikmati pertunjukan budaya di bazaar di Campbell Lane.

Februari

  • Chinese New Year Celebrations (Februari – Maret)

Selama masa perayaan ini, semua anggota keluarga berkumpul bersama. Warna merah menjadi warna keberuntungan yang mendominasi warna pakaian, dekorasi dan paket angpaow. Dua acara tahun baru lain yang patut dinantikan adalah Chingay Parade of Dreams dan Singapore River Hong Bao. Chinatown akan dipenuhi dengan pertunjukan budaya, pesta kembang api dan pesta lampu yang semarak.

  • Thaipusam (Februari)

Tempat: Dari Sri Srinivasa Perumal Temple ke Sri Thendayuthapani Temple
Pada hari thanksgiving Hindu ini, umat Hindu melakukan aksi penebusan dosa dan penyucian diri dengan cara mencukur kepala, menindik lidah, dan mengusung kavadi aneka bentuk dari pot susu hingga altar di atas tombak. Teman dan para kerabat mendukung mereka dengan lantunan doa dan lagu pemujaan. Saksikan tontonan jalan kaki ini sepanjang 3 Km dari Sri Sinivasa Perumal Temple di Little India ke Sri Thendayuthapani Temple di Tank Road.

  • Singapore River Hong Bao (Februari)

Tempat: Espalanade Park
Singapore River Hong Bao mengubah area Esplanade Park menjadi kampong budaya China. Nikmati suasananya dengan aneka tarian rakyat China tradisional dan bazaar yang menampilkan seni dan kerajinan asli China.

  • Chingay Parade of Dreams (Februari)

Tempat: Orchard Road
Parade jalanan terbesar di Asia ini memikat penonton dengan panggung berjalan dan para pemain yang bersemangat tinggi. Orchard Road dibagi menjadi zona-zona bertema, termasuk zona pesta dengan penari samba dan penari perut, serta panggung tari “hot bod” keliling dan zona bermain dengan papan luncur gelembung dan kendaraan mainan juga pengambilan foto dengan arak-arakan dan para pemain.

Maret
  • Prudential Children First! 

Singapore International Festival for Children (Maret)

Tempat: ACT 3 Theater; Jubilee Hall, Raffles Hotel; Ngee Ann Auditorium, Asian Civilisations Museum; Black Box, Drama Centre
Anak-anak, khususnya yang berusia 2 – 12 tahun akan dibuat terpikat oleh berbagai pertunjukan seperti panggung boneka, permainan topeng dan pantomime, yang dibawakan oleh para seniman dari Kanada, Amerika, Argentina, Inggris, dan Australia.

  • Singapore Fashion Festival (Maret-April)

Tempat: Ngee Ann City Civic Plaza
Salah satu acara mode termegah di Asia, Singapore Fashion Festival menampilkan kreasi terbaru desainer lokal dan internasional. Jadilah yang pertama menyaksikan koleksi terbaru tahun ini dan jatuhkan pilihan Anda dari aneka gaya – mulai dari adibusana hingga mode jalanan – di mal-mal dan butik-butik, saat demam mode melanda Singapura.
April
  • World Gourmet Summit (April)

Tempat:
Ahli masak dari seluruh dunia menghadirkan masakan dan anggur terbaik dalam pameran makanan dan minuman paling top di Singapura. Hasilnya: surga hidangan. Berbagai program dalam pameran ini, seperti makan malam bersama ahli anggur dan tur makanan, dijamin akan memberikan kepuasan bagi para penggemar hidangan berklas. Juga tersedia “kelas oleh para master” sehingga peserta dapat bertanya dan mendapatkan kiat-kiat dari para ahli.
Mei

  • Singapore Airlines International Cup (Mei)
Tempat: Singapore Racecourse
Saksikan para joki kelas dunia dan kuda pacu terbaik dalam acara balapan terbesar Singapura tahun ini. Hadiah yang diperebutkan adalah sebesar SGD 3 Juta.

  • Great Singapore Sale (Mei – Juli)

Bersiaplah untuk dua acara belanja besar yang datang beruntun. Mulai Mei hingga Juli, membaurlah dalam histeria mencari penawaran terbaik selama Great Singapore Sale. Lalu, nikmati end-of-season sale selama bulan Juli di Orchard Road dan Marina Bay. Jangan lewatkan promosi khusus untuk pengunjung selama periode ini!

  • Singapore Arts Festival (Mei – Juni)

Festival seni terbesar di Asia ini merayakan karya-karya eksperimen dan inovatif dalam dunia theater, tari dan musik dari seluruh dunia. Festival ini menjanjikan hiburan, kesenangan dan memperkaya jiwa dengan aneka program lintas disiplin, produksi multimedia dan pertunjukan seni.

  • Hari Waisak (Mei)

Hari khusus untuk memperingati pencerahan Budha. Di kuil-kuil Budha di seluruh Singapura, para biarawan melantunkan doa dan para penganut Budha melepas burung sebagai tanda penghormatan bagi semua makhluk. Saksikan acara ini dari Lian Shan Shuang Lin Temple di Toa payoh atau Kong Meng San Phor Kark See Temple di Bright Hill Road.

Juni

  • Dragon Boat Festival (Juni)

Tempat: Bedok Reservoir
Balapan perahu naga adalah acara inti festival ini yang diikuti oleh para pendayung lokal dan mancanegara. Juga saat yang tepat untuk menikmati bak chang tradisional.

Juli
  • Singapore Food Festival (Juli)

Hamparan hidangan lokal tanpa akhir, mulai dari kepiting pedas sampai nasi ayam, semuanya dengan harga terjangkau menjadi awal yang sempurna untuk petualangan kuliner di Singapura Anda. Jelajahi festival makanan dan warisan kuliner Singapura. Ikuti kelas-kelas kuliner dan belajar memperlezat hidangan Anda dengan bahan-bahan lokal.

  • Ballet Under the Stars (Juli)

Tempat: Fort Canning Green
Acara seni luar ruangan terpopuler di Singapura ini memukau penonton yang mecari hiburan malam hari di taman. Bawa keranjang piknik Anda dan saksikan para penari beraksi di bawah sinar bintang.

Agustus

  • National Day @ Esplanade (Agustus)

Tempat: Esplanade
Saksikan pagelaran spektakuler dari band-band lokal dan para artis di Esplanade pada perayaan ulang tahun Singapura ini.

  • COMEX (Agustus – September)

Acara yang sangat dinanti-nantikan ini hadir kembali dengan rangkaian produk TI terbaru yang lebih lengkap dari sekitar 750 perusahaan dan merek terkenal.

  • WOMAD Singapore (Agustus)

Tempat: Fort Canning Park
Festival World of Music, Arts and Dance (WOMAD) yang terkenal ini merayakan kehadirannya yang ke-11 di Singapura. Nikmati berbagai pertunjukan dan lokakarya, serta temukan beragam hidangan dan kerajinan internasional di Global Village. Saksikan World at the Culinary Stage, saat para musisi mengungkapkan bakat lain mereka, yaitu memasak.

  • Hungry Ghost Festival (Agustus – September)

Selama bukan ke tujuh dalam kalender Cina, masyarakat Cina menyajikan sesajen di jalan-jalan dan di rumah untuk arwah orang-orang tercinta yang berkeliaran. Mereka juga membakar kertas uang dan memanjakan doa. Di kawasan pinggiran, pagelaran tradisional ditampilkan untuk menghibur para arwah.

September

  • Mid-Autumn Festival (September)

Tempat: Chinatown
Perayaan panen ini digelar setiap hari ke-15 di bulan ke delapan pada penanggalan bulan, saat bulan purnama penuh. Chinatown menyambut festival ini dengan lampu warna-warni dan bazaar yang menjual kue bulan, jeruk pomelo, teh dan hidangan lainnya.

  • Hari Raya Celebrations (September – Oktober)

Tempat: Kampong Glam dan Geylang Serai
Hari Raya yang juga dikenal Hari Raya Idul Fitri ini menandai berakhirnya bulan Ramadhan, bulan puasa untuk umat Islam. Kawasan etnis Melayu Singapura ini dimeriahkan dengan gemerlap lampu dan bazaar yang menyajikan makanan, busana dan pernak-pernik tradisional.

  • Navarathiri Festival

Navarathiri berarti “sembilan malam” dan selama sembilan malam, para penganut Hindu memuja Rajarajeshwari, Dewi Ibu, dengan nyanyian dan tarian di kuil-kuil Hindu di Singapura. Festival ini dibagi menjadi tiga bagian yang masing-masing diperuntukan bagi dewi yang merupakan titisan Rajarajeshwari: Durga (kekuasaan), Lakshmi (kekayaan) dan Saraswathy (pengetahuan).


Oktober

  • Perayaan Deepavali (Oktober-November)

Selama Deepavali atau festival Cahaya, umat Hindu menyalakan lampu minyak dan menghiasi rumah mereka dengan kolams (desain yang digambar di lantai) untuk merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Little India dihiasi dengan busur dan lampu warna-warni untuk menciptakan suasana ceria. Ada juga berbagai macam pertunjukan budaya di Serangoon Road dan jangan lewatkan bazaar yang menawarkan makanan India yang manis.

  • Theemidhi (Festival Berjalan di Atas Api) (oktober)

Tempat: Sri Mariamman Temple
Saksikan para penganut agama Hindu dengan iman yang berani berjalan bertelanjang kaki di atas bara api yang menyala-nyala. Setelah berminggu-minggu berpuasa dan mempraktikkan vegetarianisme yang ketat, mereka memenuhi sumpahnya dalam upacara tahunan yang menegangkan ini untuk menghormati Dewi Drupadi.

  • ARTSingapore (Oktober)

Tempat: Suntec Singapore Level 4 Hall 404
Sejak kelahirannya pada tahun 2002, festival seni tahunan ini mendapat reputasi sebagai pusat seni kontemporer di Asia. Galeri dari Australia, Filipina, Jepang dan negara-negara lain di kawasan ini mempunyai stand yang memamerkan berbagai karya termasuk lukisan, ukiran, foto, video dan seni digital oleh ratusan seniman, dari para ,aestro sampai para pemula.

  • Ziarah ke Pulau Kusu (Oktober-November)

Tempat: Pulau Kusu
Para penganut agama Taois berziarah ke Kuil Tua Pekong setiap tahun untuk berdoa demi kemakmuran dan kesuburan. Legenda Pulau Kusu (yang berarti ‘Pulau Kura-Kura’ dalam bahasa China) mengisahkan tentang dua orang pelayar yang tenggelam, seorang China dan seorang Melayu, yang  diselamatkan oleh seekor kura-kura. Sebagai rasa terima kasih, mereka membangun sebuah kuil China dan rumah ibadah Melayu, bersama patung kura-kura besar di pulau itu.


November

  • Christmas in the Tropics (November – Januari)

Datang dan nikmati festival cahaya terpanjang dan paling spektakuler di dunia! Acara Christmas Light Up di Singapura mengubah Orchard Road dan Marina Bay menjadi negeri dongeng ajaib penuh dengan pesta dan hiburan ceria. Pusat-pusat perbelanjaan penuh dengan penawaran menarik dan dihias dengan indah untuk acara belanja larut malam. Juga, akan tampil berbagai macam konser, pertunjukkan musikal, pameran, pesta akhir tahun, makanan dan minuman khusus dan promosi pengunjung agar Anda benar-benar puas di Singapura.

  • SITEX (November- Desember)

 Tempat: Singapore Expo Halls 3 dan 4
Acara komunikasi informasi tahun ini menghadirkan merek-merek terkenal di dunia. Kunjungi berbagai stan untuk melihat bermacam-macam produk perangkat keras maupun lunak komputer dan teknologi nirkabel digital. Hadiri berbagai ceramah dan lokakarya untuk mengetahui langsung inovasi terbaru di pasaran.

Desember

  • Standard Chartered Singapore Marathon (Desember)

Rute sepanjang 42 kilometer ini akan membawa lebih dari 30000 peserta melewati tempat-tempat terindah di Singapura. Jangan berhenti terlalu lama mengagumi pemandangan jika Anda ingin mencapai garis akhir pada waktunya.

  • ZoukOut 

Tempat: Pulau Sentosa
Pesta pantai dari petang sampai fajar di pulau resor Singapura kembali untuk ke tujuh kalinya. Dengan menghadirkan para DJ papan atas dunia, ZoukOut adalah acara dance wajib bagi puluhan ribu penggemar musik di kawasan ini.

  • Pesta Akhir Tahun (Desember)

Ikuti perayaan Tahun Baru super meriah! Dari Marina Bay hingga Pantai Siloso di Sentosa, pilihlah berbagai macam festival menyambut tahun baru di seluruh Singapura, mulai dari pertunjukkan musik dan seni maupun pesta kembang api. Semua dijamin akan membuat Anda bersemangat untuk memulai tahun baru dan kesempatan baru.

Komentar

Postingan Populer